Pemanfaatan Energi Matahari

Pemanfaatan energi matahari secara alami telah dilakukan oleh tumbuh-tumbuhan, yaitu dalam proses fotosintesis. 
Sekarang ini energi matahari telah banyak dikembangkan oleh berbagai negara. Pemanfaatan energi matahari ini dalam rangka memenuhi kebutuhan energi menggunakan sumber daya yang dapat diperbaharui dan ramah lingkungan. Sumber energi ramah lingkungan sendiri telah menjadi isu internasional. 
tenaga surya
Di Indonesia, pemanfaatan energi matahari sebagai sumber listrik sudah banyak dilakukan baik skala rumah tangga maupun skala besar. Di beberapa negara, upaya pengembangan energi matahari seringkali menghadapi tantangan yang disebabkan faktor alam. Intensitas panas matahari yang rendah misalnya. Bagi negara-negara tropis, termasuk Indonesia, mempunyai intensitas panas matahari yang tinggi. Hal ini sangat menguntungkan bagi pengembangan energi berbasis pemanfaatan energi matahari.
Beberapa alasan yang mendukung sistem energi matahari layak untuk dikembangkan di Indonesia antara lain:
  • Kondisi iklim di Indonesia yang sangat mendukung karena intensitas sinar / panas matahari di Indonesia relatif tinggi serta stabil, sehingga panel surya mendapatkan daya yang optimal sepanjang tahun.
  • Instalasi yang lebih sederhana dari pada pemasangan sumber energi terbarukan lainnya, sehingga memungkinkan pemanfaatan energi ini untuk kebutuhan listrik baik dalam skala kecil sampai skala besar.
  • Semakin terjangkaunya trend harga / biaya teknologi termasuk instalasi panel surya sehingga memungkinkan untuk menjadi layak secara ekonomis.
Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa instalasi panel surya. Bukti bahwa pemanfaatan energi matahari diterima baik oleh masyarakat. Bagi para pelaku pemberdayaan maupun organisasi masyarakat terkait, isu energi matahari ini bisa jadi sangat aplicable .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agar Hubungan Awet dan Mesra

Panduan Penyusunan Kalender Musim Dalam Rangka Penyusunan RPJMDes

Kesiapan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes)