Definisi Hosting dan Domain

Hosting dan domain adalah du hal yang penting jika Anda ingin membuat website. Mungkin bagi para pemula sering bertanya-tanya apakah hosting itu? Apa bedanya dengan domain?

Berikut ini kita simak saja uraian mengenai hosting dan domain. 

Hosting

Definisi Hosting adalah sebuah space atau tempat penyimpanan data sebuah blog atau website di internet yang memungkinkan data tersebut diakses secara online dan dilihat oleh semua orang dari seluruh penjuru dunia melalui internet.
Sebagai tempat penyimpanan, hosting  mempunyai bermacam-macam ukuran / kapasitas space.

Sebuah penyedia layanan hosting biasanya menawarkan berbagai variasi space, misal 500MB, 1GB, 2GB bahkan mungkin jauh lebih besar lagi. Semakin besar space maka akan lebih “nyaman” untuk berbagai keperluan pengunggahan. Space di hosting inilah sebagai tempat Anda mengunggah (upload) konten website Anda baik berupa gambar, video maupun jenis file lainnya.


Sebagai gambaran bahwa semakin besar ukuran space biasanya juga semakin besar biaya yang dikenakan oleh jasa penyedia layanan hosting.

Untuk lebih mudahnya, sebagai gambaran bisa diumpamakan bila Anda ingin membuat sebuah usaha, dagang misalnya. Maka Anda membutuhkan tempat untuk berdagang, misal  lapak. Lapak untuk usaha Anda tersebut misalkan berupa kios yang mempunyai space atau ukuran yang bervariasi, ada yang berukuran 4x6 m2, 6x8 m2 dan seterusnya.



Domain

Pernahkah Anda perhatikan bahwa sebuah situs mempunyai alamat seperti www.namasitus.com? Ya, benar..itulah yang disebut domain.

Domain adalah alamat sebuah situs berupa (.com/.net/.org) dan lain-lain, mempunyai fungsi untuk mengidentifikasi alamat (IP address) sebuah server komputer (hosting).
Seperti ilustrasi diatas, ketika Anda sudah mempunyai kios untuk space usaha, tentunya Anda butuh alamat agar siapapun dapat mengunjungi tempat usaha Anda dengan mudah.

Seperti halnya alamat kios Anda, begutu pula dengan domain, sebuah alamat yang wajib ada agar website Anda dapat dengan mudah diingat dan dikunjungi oleh orang dari seluruh penjuru dunia. Arti dan perbedaan nama-nama domain dapat dibaca disini.


Hosting dan domain dapat Anda peroleh dari penyedia layanan hosting. Semoga tulisan ini dapat membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Penyusunan Kalender Musim Dalam Rangka Penyusunan RPJMDes

Badan Hukum Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM)

Sifat Pria yang Wanita Perlu Tahu

Hosting Unlimited Indonesia