5 Karakter Wirausahawan Yang Mempengaruhi Kesuksesan Perusahaan Baru

perumusan strategi
Wirausahawan sering diposisikan sebagai seseorang yang mengorganisasi dan mengelola sebuah kegiatan bisnis dan berani mengambil resiko untuk mendapatkan keuntungan serta pada umumnya ia juga merupakan seorang manajer strategis bagi perusahaan miliknya. Semua keputusan baik berupa keputusan strategis maupun keputusan operasional, menjadi perhatian bagi pendiri, pemilik sekaligus manajer perusahaan tersebut. 

Pengelolaan perusahaan wirausaha lebih bersifat informal dibanding perusahaan yang sudah besar dan mapan. Perumusan strateginya juga dipastikan berbeda dengan perumusan strategi perusahaan besar. Lebih banyak dipengaruhi oleh wirausahawan itu sendiri.

Karakter atau dalam istilah lain faktor perilaku dari wirausahawan mempunyai peran yang penting dalam perjalanan sebuah usaha bisnis, khususnya perusahaan kecil. Berikut ini 5 karakter yang dimiliki seorang wirausahawan:
  1. Mempunyai kemampuan mengidentifikasi kesempatan bisnis potensial. Fokus mereka adalah pada aspek kesempatan, bukan pada masalah, dan mencoba belajar dari kegagalan. Seorang wirausahawan berorientasi pada tujuan dan mampu mengembangkan visi di mana perusahaan akan berada dan memberikan arah strategis yang kuat.
  2. Berorientasi pada tindakan dan memiliki kebutuhan yang tinggi untuk berprestasi. Seorang yang mempunyai kendali kontrol internal atas dirinya dan mempunyai kapasitas yang memadai untuk mengatasi ketidakpastian, mempunyai kebutuhan untuk menunjukkan dirinya kepada orang lain bahwa ia tidak dapat begitu saja diabaikan.
  3. Memiliki pengetahuan terperinci atas faktor-faktor kunci yang diperlukan untuk sukses, dan memiliki stamina fisik yang diperlukan untuk pekerjaannya.
  4. Memiliki kemampuan mengembangkan hubungan relasional dengan pihak-pihak yang terdiri dari orang-orang yang memiliki keahlian dan pengetahuan kunci di mana ia dapat meminta dukungan untuk melengkapi keahlian, pengetahuan, dan kemampuannya (termasuk menarik investor, mitra, karyawan, dan sebagainya).
  5. Mempunyai kemampuan berpikir kreatif, sehingga apabila menemui suatu masalah yang harus diatasi ia akan sudah menemukan alternatif-alternatif yang memungkinkan menjadi kesempatan maupun sebagai masukan perumusan strategi selanjutnya.
Apabila Anda mempunyai ke-lima karakter wirausahawan di atas, maka Anda layak dan berpeluang sukses sebagai seorang wirausahawan, tentunya dengan tidak mengesampingkan faktor kemampuan teknis, sosial, dan konseptual serta faktor lain yang mendukung kesuksesan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan Penyusunan Kalender Musim Dalam Rangka Penyusunan RPJMDes

Badan Hukum Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM)

Sifat Pria yang Wanita Perlu Tahu

Hosting Unlimited Indonesia