Ternyata Inilah Arti Nama Domain, Manakah Yang Sedang Anda Cari?

Apabila kita berselancar di internet, misal saja saat kita menggunakan google untuk pencarian yang kita inginkan, kita akan melihat daftar situs-situs online yang ditampilkan oleh google. Tentu mereka
yang ditampilkan adalah yang berhubungan atau relevan dengan kata yang kita ketikkan. Kata yang kita ketikkan di google inilah yang disebut kata kunci, istilah kerennya "keywords". Kata kunci bisa saja terdiri dari satu kata atau lebih, bahkan dengan mengetikkan sembarang gabungan huruf pun sering kali diartikan mbah google sebagai kata kunci. Akan tetapi saya tidak akan membahas kata kunci kali ini, tetapi kita akan mencoba mengupas tentang domain.


Oke..tadi sudah di bahas tentang daftar hasil yang ditampilkan oleh google. Ya..benar..itu adalah daftar situs yang mempunyai bahasan yang relevan dengan kata yang kita ketikkan di google. Dan situs tentu saja mempunyai nama masing-masing. Baik yang berupa blog maupun lainnya.Dan biasanya seperti ini: *******.###.

Tanda .### yang saat ini sedang kita bahas. Contoh: (***.com), (***.co.id), (****.blogspot.com) dan sebagainya. Kenapa kok beda-beda ya? Jawabannya karena situs harus mempunyai alamat, dan alamat dapat menyangkut wilayah, contoh (.uk) untuk United Kingdom, (.id) untuk Indonesia. Atau situs yang mengkategorikan diri dalam bentuk organisasi (.org) dan lain-lain. Itulah yang disebut nama domain.
Yuk...kita intip saja mana saja mereka...

Domain .com
Nama domain .com adalah nama domain komersil paling populer di dunia. Kalau nggak percaya tanya saja sama cermin ajaib...he he..bercanda. Untuk mendaftar tidak sampai diminta kartu identitas.

Domain .net
Nama domain .net dipakai untuk networking, website, hingga aplikasi.

Domain .org
Domain ini sangat tepat untuk digunakan oleh organisasi sosial atau nirlaba.

Domain .info
Untuk memudahkan pambaca/pengunjung terhadap situs informasi, domain ini adalah pilihan yang tepat.

Domain .biz
Domain ini sebenarnya dipersembahkan bagi situs bisnis, akan tetapi relatif kurang populer dibandingkan dengan .com. Meskipun begitu tidak ada salahnya memilih domain ini.

Domain .co.id
Domain ini digunakan oleh perusahaan berbentuk CV/PT di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada istilah PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia). Persyaratan untuk menggunakan nama domain .co.id adalah: scan KTP penanggung jawab; scan SIUP/TDP atau Akta Notaris (Cover halaman 1) dan NPWP; scan kepemilikan merk (bila ada).


Domain .web.id
Nama domain ini bisa digunakan oleh personal pemilik KTP Indonesia. Persyaratannya adalah scan KTP penanggung jawab.

Domain .or.id
Nama domain untuk organisasi terdaftar di Indonesia dengan persyaratan yaitu: scan KTP pimpinan lembaga; scan Akta Notaris atau SK Organisasi.

Domain .sch.id
Nama domain untuk website sekolah SD, SMP, SMA dan sederajat. Persyaratan: scan KTP penanggung jawab; scan permohonan Kepala Sekolah; scan Surat Kuasa Kepala Sekolah kepada penanggung jawab untuk pendaftaran nama domain.

Domain .id
Nama domain Indonesia untuk personal dan institusi. Tidak ada persyaratan untuk pendaftaran.

Domain .win
Nama domain .win sangat cocok untuk keperluan berbagai kompetisi, pertandingan maupun perlombaan.

Domain .club
Nama domain untuk club: senam, olah raga, hiburan dan sebagainya.

Domain .link
Nama domain untuk domain yang menghubungkan produk/jasa atau masyarakat.

Domain .xzy
Nama domain gTLD yang paling populer di dunia. Digunakan oleh semua generasi.

Nah... itulah beberapa nama domain yang tentu saja untuk mendaftar dikenakan biaya yang berbeda-beda satu sama lain.

So...manakah yang sekiranya cocok/paling tepat untuk keperluan Anda?

Beranda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Badan Hukum Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM)

Mengunduh Video Dari Youtube

Panduan Penyusunan Kalender Musim Dalam Rangka Penyusunan RPJMDes

Hosting Unlimited Indonesia