Business Risk Prevention - Mengurangi Resiko Kegagalan Ketika Memulai Usaha Baru

Not just dare to take the risk, but also be able to manage all risk into lucrative new opportunities.

Sebuah slogan tentang bagaimana seorang pengusaha, entah pengusaha besar maupun pengusaha kecil skala rumah tangga. Bagi yang sudah lama berkecimpung dalam dunia kewirausahaan, pasti sudah banyak pengalaman, banyak makan asam garam. Bagaimana dengan pemula? Hei, kenyataanya banyak juga pemula yang bisa langsung melejitkan bisnisnya dalam kurva yang menanjak tajam. Dengan mengesampingkan background pendidikan, karakter dan bakat, berikut ini mungkin berguna bagi pemula yang sudah memantapkan diri menjadi seorang wirausaha.



Sebelum memulai sebuah usaha, ada baiknya melakukan hal-hal berikut ini:

1. Riset
    Beberapa riset yang dapat dilakukan diantaranya riset pasar, sumber daya,  dan juga resiko kompetisi.

2. Pemilihan jenis usaha
    Ini penting, pengambilan keputusan tentang jenis usaha yang dipilih dapat didasarkan atau merujuk hasil riset yang sudah dilakukan. Dalam tahap ini sudah harus dirumuskan visi sebagai acuan proses perencanaan berikutnya termasuk namun tidak terbatas pada sistem operasi.

Baca juga: Gerakan Gemar Membaca: Apa yang Bisa Didapat dari Membaca?

3. Action dan selalu meningkatkan pengetahuan/skill termasuk faktor kunci keberhasilan dalam bidang usaha yang dijalankan. Entah tentang distribusi, efisiensi termasuk pengadaan bahan baku dan perbaikan kontinyu proses produksi atau hal-hal lain yang relevan.

Penyampaian terbatas pada memperkecil/mengurangi resiko memulai usaha baru. Untuk langkah-langkah lain dalam sebuah bisnis keseluruhan dapat dilihat pos selanjutnya. Semoga.

Beranda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Badan Hukum Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM)

Mengunduh Video Dari Youtube

Panduan Penyusunan Kalender Musim Dalam Rangka Penyusunan RPJMDes

Hosting Unlimited Indonesia